• Selasa, 4 Oktober 2022

Mantap! Aksi Pesawat Tempur Rafale dan A-400M yang Bakal Jadi Milik Indonesia

- Rabu, 14 September 2022 | 13:53 WIB
Aksi Pesawat tempur Rafale dan pesawat angkut A-400M milik Angkatan Udara Prancis (Tim Media Prabowo Subianto)
Aksi Pesawat tempur Rafale dan pesawat angkut A-400M milik Angkatan Udara Prancis (Tim Media Prabowo Subianto)

Jakarta, Jurnalwarga.id - Aksi Pesawat tempur Rafale dan pesawat angkut A-400M milik Angkatan Udara Prancis (French Air and Space Force/FASF) saat kegiatan VVIP Joyflight di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (12/9) yang dihadiri oleh Wakil Menteri Pertahanan M. Herindra.

Kedatangan pesawat milik FASF tersebut merupakan bagian dari kegiatan kerja sama antara TNI Angkatan Udara dengan FASF yang bertajuk Misi Pegase 2022.

Kehadiran dua jenis pesawat ini di Indonesia kali ini menjadi menarik pasalnya pesawat tersebut sebentar lagi menjadi milik Indonesia sebagai hasil dari diplomasi pertahanan yang dilakukan oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto untuk memperkokoh kekuatan TNI AU.

Baca Juga: Pesawat Latih Bonanza Milik TNI AL Jatuh, Ini Pernyataan Resmi dari Koarmada II

“Mengingat situasi yang berkembang saat ini, kita harus memiliki angkatan bersenjata yang kuat. Inilah mengapa Menhan selalu mencari solusi bagaimana memperkuat pertahanan kita,” ungkap Herindra, Senin.

Herindra yahg pada kesempatan tersebut mewakili Prabowo mengatakan bahwa selama ini sudah banyak kerja sama di bidang pertahanan antara Indonesia dan Prancis.

"Kita sebagai negara besar harus memperkuat pertahanan kita. Apa yang terjadi di dunia, khususnya konflik Rusia dan Ukraina, membuktikan bahwa ancaman itu ada. Sektor pertahanan pun otomatis harus dikuatkan," tegas Herindra.

Sebelumnya pada Minggu, Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsdya TNI Andyawan Martono Putro pun telah mengikuti terbang backseat menggunakan pesawat Rafale bersama FASF di Lanud Halim Perdanakusuma.

Baca Juga: Mantap! PT Dirgantara Indonesia Kirim 1 Unit Pesawat NC212i ke DRRAA Thailand

Pada Februari 2022, Prabowo melakukan penandatanganan kontrak kerja sama pembelian enam pesawat tempur Rafale pada Februari lalu saat menerima kunjungan kehormatan Menteri Angkatan Bersenjata Republik Prancis Florence Parly di Kantor Kemenhan, Jakarta.

Halaman:

Editor: Miranti Kelana

Sumber: Kemenhan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tragedi Kanjuruhan, Kapolda Jawa Timur Minta Maaf

Selasa, 4 Oktober 2022 | 19:41 WIB

Presiden Jokowi Dianugerahi Gelar Kesultanan Buton

Selasa, 27 September 2022 | 18:28 WIB
X